ddd

Jika Yesus Kristus adalah orang gila, stress berat, tidak mungkin ada pengikutnya. Jika Yesus Kristus seorang penipu tidak mungkin Dia mau disalib. Kesimpulannya adalah Yesus Kristus adalah Tuhan Allah yang datang ke dunia menjadi manusia

Sabtu, 07 Januari 2012

Arti Theologi




Arti Teologia adalah Teologi (bahasa Yunani θεος, theos, "Allah, Tuhan", dan λογια, logia, "kata-kata," "ucapan," atau "wacana") adalah wacana yang berdasarkan nalar mengenai agama, spiritualitas dan Tuhan (Lih. bawah, "Teologi dan agama-agama lain di luar agama Kristen"). Dengan demikian, teologi adalah ilmu yang mempelajari segala sesuatu yang berkaitan dengan keyakinan beragama. Teologi meliputi segala sesuatu yang berhubungan dengan Tuhan. Para teolog berupaya menggunakan analisis dan argumen-argumen rasional untuk mendiskusikan, menafsirkan dan mengajar dalam salah satu bidang dari topik-topik agama. Teologi memampukan seseorang untuk lebih memahami tradisi keagamaannya sendiri ataupun tradisi keagamaan lainnya, menolong membuat perbandingan antara berbagai tradisi, melestarikan, memperbaharui suatu tradisi tertentu, menolong penyebaran suatu tradisi, menerapkan sumber-sumber dari suatu tradisi dalam suatu situasi atau kebutuhan masa kini, atau untuk berbagai alasan lainnya.
Kata 'teologi' berasal dari bahasa Yunani koine, tetapi lambat laun memeroleh makna yang baru ketika kata itu diambil dalam bentuk Yunani maupun Latinnya oleh para penulis Kristen. Karena itu, penggunaan kata ini, khususnya di Barat, mempunyai latar belakang Kristen. Namun, di masa kini istilah tersebut dapat digunakan untuk wacana yang berdasarkan nalar di lingkungan ataupun tentang berbagai agama. Di lingkungan agama Kristen sendiri, disiplin 'teologi' melahirkan banyak sekali sub-divisinya.
Dalam gereja Kristen, teologi mula-mula hanya membahas ajaran mengenai Allah, kemudian artinya menjadi lebih luas, yaitu membahas keseluruhan ajaran dan praktik Kristen.[1] Dalam upaya merumuskan apa itu ilmu teologi, maka ada beberapa unsur yang perlu diperhatikan, yaitu tidak akan ada teologi Kristen tanpa keyakinan bahwa Allah bertindak atau berfirman secara khusus dalamYesus Kristus yang menggenapi perjanjian dengan umat Israel.

3. AGAMA KRISTEN DAN ILMU PENGETAHUAN MULA-MULA .

Mula-mula tidak ada pertentangan antara agama Kristen dan ilmu pengetahuan. Adam mungkin hanya makan buah-buah yang dapat dipetiknya dengan mudah. Itulah "teknologi" yang dikuasai Adam. Apakah "agama" Adam? Agama Adam adalah apapun yang diwahyukan Allah kepada Adam. Adam sudah tahu bahwa ia diciptakan Allah. Ia tahu bahwa ada yang diizinkan Allah dan ada yang dilarang. Ia juga sudah tahu bahwa melanggar larangan Allah adalah dosa dan berakibat ia dan Hawa diusir dari taman Firdaus. Zaman Kain dan Habel teknologi sudah mulai berkembang lebih jauh. Habel menjadi gembala kambing domba dan Kain menjadi petani (Kejadian 4:2). Teknologi pertanian dan peternakan sudah mulai dikembangkan. Agama zaman Kain dan Habel juga sudah mulai ada perkembangan. Mereka sudah mengadakan korban persembahan (Kejadian 4:3,4).
Kemudian Nuh sudah dapat buat bahtera. Korban persembahan juga telah menjadi lebih kompleks. Anak-cucu Nuh sudah dapat buat menara Babel (Kejadian 11). Pada zaman Musa agama berkembang dan dengan wahyu dari Allah, Musa meletakkan dasar-dasar agama Yahudi dan Kristen. Orang-orang Mesir waktu itu sudah dapat buat piramida-piramida.
4. ZAMAN YUNANI KUNO.
Zaman Yunani kuno mulai abad ke-enam sebelum Kristus. Orang pertama yang mendapat kehormatan disebut sebagai filsuf pertama ilmu pengetahuan alam adalah Thales dari Milletos. Thales berpendapat bahwa asas pertama adalah air. Anaximandros berpendapat asas pertama ialah "yang tak terbatas" (to apeiron). Anaximenes berpendapat asas pertama adalah udara. Kemudian filsafat berkembang makin lama makin kompleks. Yang paling terkenal ialah Socrates (470-399). Plato (427-347) dan Aristoteles (384-322). Archimedes mengembangkan ilmu pengetahuan praktis.
Diduga Socrates hidup semasa dengan Maleachi, nabi terakhir dari perjanjian lama. Menurut banyak teolog, setelah Maleachi Allah tidak memberi wahyu sampai kelahiran Yesus Kristus diabad pertama setelah Kristus.

5. ZAMAN PATRISTIK.
Awal berkembangnya agama Kristen pada abad pertama, sudah ada pemikir-pemikir Kristiani yang menolak filsafat Yunani. Mereka berpendapat bahwa setelah Allah memberikan wahyu kepada manusia, maka mempelajari filsafat Yunani yang non-Kristen dan non-Yahudi adalah sia-sia bahkan berbahaya. Salah seorang pemuka pikiran ini ialah Tertulianus (160-222). Tetapi pemikir-pemikir Kristen lain ada yang juga mempelajari filsafat Yunani, a.l. Yustinus Martir (?-165), Klemens dari Alexandria (150-215), Origines(185-254). Gregorius dari Nanzianza (330-390), Basilius Agung (330-379). Gregorius dari Nyssa (335—394) menciptakan suatu sintesa antara agama Kristen dengan kebudayaan Hellenistik (filsafat Yunani), tanpa mengorbankan apapun dari kebenaran agama Kristen. Tetapi ada juga karangan-karangan yang diduga ditulis oleh Dionysios yang sangat berbau neoplatonis.
Bapak gereja yang paling besar dari zaman Patristik ini ialah Augustinus (354-430). Ia menulis a.l.. "Confesiones" (pengakuan-pengakuan), "De Civitate Dei" (kota Allah). Augustinus diakui sebagai Bapak Gereja yang besar oleh orang-orang Katolik Roma maupun orang-orang Protestan. Dalam teologinya jelas ada pengaruh Plato. Tetapi pada umumnya ia berpegang ketat pada Alkitab yang diterimanya sebagai Firman Allah.
ZAMAN SKOLASTIK DAN ABAD PERTENGAHAN.
Abad ke-5 sampai abad ke-9 terjadi perpindahan bangsa-bangsa. Suku bangsa Hun pindah dari Asia ke-Eropah. Bangsa Jerman pindah pindah melewati perbatasan kerajaan Romawi. Dan begitu seterusnya. Eropah kacau balau. Perkembangan teologi dan filsafat tidak begitu besar. Nama seperti Boethius (480-534) dan Alcuinus berasal dari masa ini.
Baru pada akhir abad ke-9 muncul nama-nama yang mempengaruhi teologi dan filsafat seperti Johanes Scotus Eriugena (810-877), Anselmus dari Canterbury (1033-1109), Petrus Abelardus (1079-1142), Ibn Sina (980-1037) orang Arab dengan nama latin Avicenna, Ibn Rushd (1126-1198) juga orang Arab dengan nama latin Averroes,Moses Maimodes (1135-1204) orang Yahudi, Bonaventura (1221-1274), Albertus Agung (1205-1280) dan yang paling terkenal ialah Thomas Aquinas (1225-1274). Thomas Aquinas sangat terpengaruh oleh filsafat Aristoteles. Orang Katolik terima Thomas Aquinas sebagai Bapak gereja. Orang protestan banyak menolak argumen-argumen Thomas yang terlalu terpengaruh oleh Aristoteles sehingga kadang-kadang menyimpang dari exegese yang sehat dari Alkitab.
Yang mau saya tekankan disini adalah bahwa teologi dan filsafat saling mempengaruhi walaupun ada peringatan dari Tertulianus akan bahayanya pengaruh filsafat non-Kristen pada iman Kristiani. Kalau pada zaman Patristik pengaruh Plato yang terasa sangat dominan pada teologi masa itu, pada zaman abad pertengahan pengaruh Aristoteles yang sangat dominan.
6. ZAMAN MODERN.
Abad Pertengahan berakhir pada abad ke-15 dan kemudian disusul dengan zaman Renaissance. Zaman Renaissance berlangsung pada akhir abad ke-15 dan 16. Kesenian, sastra musik berkembang dengan pesat. Ada suatu kegairahan baru, suatu pencerahan. Ilmu pengetahuan mulai dikembangkan oleh Leonardo da Vinci (1452-1519), Nicolaus Copernicus (1473-1543), Johannes Kepler (1571-1630), Galileo Galilei (1564-1643).
Renaissance dilanjutkan dengan abad rasio (The age of Reason) pada abad ke-17 dan abad pencerahan (The age of enlightenment) pada abad ke-18. Karya Galileo Galilei diteruskan oleh Sir Isaac Newton (1642-1727) dll. Filsafat dikembangkan oleh Francis Bacon (1561-1623), Rene Descartes (1596-1650), Baruch de Spinoza (1632—1677), G.W. Leibnitz (1646-1716), Blaise Pascal (1633-1662), G. Berkeley (1665-1753), David Hume (1711-1776), Imanuel Kant (1724-1804) dll.
Newton mengembangkan Fisika Klasik. Newton sering disebut sebagai Bapak ilmu pengetahuan alam modern. Pada tahun 1687 Newton menulis bukunya yang sangat terkenal : "Philosophiae naturalis principia mathematica". Ilmu pengetahuan alam berkembang dengan pesat. Makin lama makin pesat. Timbul suatu optimisme akan kesanggupan manusia. Kewibawaan gereja menjadi sangat merosot karena peristiwa Copernicus/Galileo. (Lihat artikel "Teori Geosentris versus Teori Heliosentris").
Semua perkembangan dalam filsafat dan ilmu pengetahuan alam ini mempunyai dampak yang sangat besar pada iman orang Kristen. Para teolog masa itu sangat terpengaruh dengan filsafat dan ilmu pengetahuan alam masa itu. Ini nampak jelas dalam teologi mereka. Pengaruh ini ada positifnya tetapi ada juga negatipnya. Pengaruh positip (menurut orang-orang Protestan) adalah Gerakan Reformasi. Orang-orang Katolik Roma mula-mula sangat mengutuk gerakan ini.

7. GERAKAN REFORMASI.
Reformator yang paling besar adalah Martin Luther (1483-1546). Sebelum Luther sebenarnya sudah ada reformator-reformator lain seperti John Wycliffe (1325-1384) di-Inggris dan Johanes Hus (…..-1415) di-Bohemia. Huss dibakar hidup-hidup oleh Paus Johanes XXIII pada tanggal 6 Juli 1415. Tetapi teologi mereka masih sangat terbatas dan pengaruh mereka didunia juga masih sangat terbatas. Erasmus (1466- ) juga mempunyai pengaruh yang besar pada Luther. Mereka adalah perintis reformasi teologi. Perjuangan Martin Luther diteruskan oleh John Calvin, Zwingli dan lain-lain. Setelah Luther mengadakan reformasi teologis, berdirilah gereja-gereja reformasi mula-mula diseluruh Jerman, tetapi kemudian diseluruh dunia. Pada tanggal 31 Oktober 1514 Luther memasang 95 dalil digereja Wittenberg. Sampai kini, tanggal 31 Oktober diperingati sebagai hari reformasi.
Disatu pihak gerakan Reformasi kembali ketafsiran atau exegese yang sehat dari Alkitab. Mula-mula ada satu gereja reformasi. Tetapi karena banyak orang yang menafsirkan Alkitab, dan tafsiran ini berbeda-beda diantara para penafsir, gereja reformasi terpecah-pecah lagi menjadi beberapa denominasi. Denominasi-denominasi ini makin lama makin banyak. Hal ini berlangsung sampai sekarang.
Abad ke-19 disebut "The Age of Ideology" dan abad ke-20 disebut "The Age of Analysis". Ilmu pengetahuan alam berkembang dengan sangat pesat. Teknologi dan ilmu kedokteran ialah penerapan praktis dari ilmu pengetahuan alam berkembang dengan sangat pesat, makin lama makin pesat.
Dalam artikel "Pengaruh iman pada ilmu pengetahuan dan pengaruh ilmu pengetahuan pada iman", telah kita bahas saling mempengaruhi keduanya, Tentu saja keduanya juga terpengaruh perkembangan filsafat. Waktu trend filsafat adalah pada rationalisme, maka pengaruhnya sangat besar pada ilmu pengetahuan maupun pada agama


1.      Pengertian Metode: agar mudah dicerna, metode adalah alat atau klo digambarkan seperti pisau untuk membedah suatu objek. 
Menurut Hebert Bisno (1969)
metode adalah teknik-teknik yg digeneralisasikan dgn baik agar dapat diterima atau digunakan secara sama dalam satu disiplin, praktek, atau bidang disiplin dan praktek.
Menurut Max Siporin (1975)
Metode adalah sebuah orientasi aktifitas yg mengarah kepada persyaratan tugas-tugas dan tujuan-tujuan nyata.
Menurut Depatemen Sosial RI
Metode adalah cara teratur yg digunakan utk melaksanakan pekerjaan agar tercapai hasil sesuai dgn yg diharapkan.
2.      Metode Pembuktian:metode yang digunakan tepat dan bisa dibuktikan.  Contoh seperti penghitungan dalam matematika 1+1 = 2. Demikian juga metode pembuktian.
3.      Metode Sains adalah: sebelum menemukan arti metode sains, terlebih dahulu memperhatikan arti sains yaitu merujuk kepada susunan pengetahuan yang orang dapatkan melalui metode tersebut. atau bahasa yanglebih sederhana, sains adalah cara ilmu pengetahuan yang didapatkan dengan menggunakan metode tertentu.
4.      Secara harfiah “metodik” itu berasal dari kata “metode” ( method ). Metode berarti suatu cara kerja sistematik dan umum, seperti cara kerja ilmu pengetahuan . Dari segi bahasa metode berasal dari dua kata yaitu meta dan hodos. Meta berarti “melalui” dan hodos berarti “jalan” atau “cara”. Dengan demikian metode dapat diartikan cara atau jalan khusus yang harus dilalui untuk mencapai suatu tujuan . Metode adalah cara kerja yang bersistem untuk memudahkan pelaksanaan suatu kegiatan yang mencapai tujuan yang di tentukan .
5.      Analogi adalah (dari bahasa Yunani “ἀναλογία” – analogi, “proporsi” [1] [2]) adalah proses kognitif mentransfer informasi atau makna dari suatu subjek tertentu (analog atau sumber) ke topik tertentu (target), dan sesuai dengan proses seperti linguistik ekspresi. Dalam arti sempit, analogi merupakan kesimpulan atau argumen tertentu dari satu ke yang lain tertentu, sebagai lawan dari deduksi, induksi, dan penculikan, di mana setidaknya salah satu premis atau kesimpulan bersifat umum. Analogi Kata juga dapat mengacu pada hubungan antara sumber dan target sendiri, yang sering, meskipun tidak selalu, kesamaan, seperti dalam pengertian biologis analogi.
Model Niels Bohr dari atom membuat analogi antara atom dan tata surya.
6.      Ilmiah adalah ilmiah boleh dikatakan suatu pengejaran terhadap kebenaran yang diatur oleh pertimbangan-pertimbangan logis. Karena ideal dari ilmu adalah untuk memperoleh interelasi yang sistematis dari fakta-fakta, maka ilmiah berkehendak untuk mencari jawaban tentang fakta-fakta dengan menggunakan pendekatan kesangsian sistematis.
7.      Induksi adalah
8.       imbasan atau influensi, atau sesuatu yang menyebabkan. Induksi merupakan pengaruh benda yang bermuatan listrik atau magnet, sehingga benda lain yang semula netral dapat bersifat listrik atau magnet. Bila sepotong besi lunak atau bida besi itu masih berada di dalam medan magnet, maka akan menjadi bersifat magnet. Ujung besi yang dekat dengan salah satu kutub magnet memiliki kutub yang berlawanan dengan kutub magnet itu. Peristiwa besi menjadi magnet disebut dengan induksi. Bahasa inggris untuk induksi ini adalah induced. 
9.      Landasan Ilmiah adalah
10.  Hipotesa adalah Trealese (1960) memberikan definisi hipotesis sebagai suatu keterangan semnatara dari suatu fakta yang dapat diamati.Good dan scates (1954) menyatakan bahwa hipotesis adalah sebuah taksiran atau referensi yang dirumuskan serta diterima untuk sementara yang dapat menerangkan fakta-fakta yang diamati ataupun kondisi-kondisi yang diamati dan digunakan sebagai petunjuk untuk langkah-langkah selanjutnya. Kerlinger (1973) menyatakan hipotesis adalah pernyataan yang bersifat terkaan dari hubungan antara dua atau lebih variabel[1]. Dari arti katanya, hipotesis memang dari dua penggalan. Kata “HYPO” yang artinya “DI BAWAH” dan “THESA”  yang artinya “KEBENARAN” jadi hipotesis yang kemudian cara menulisnya disesuaikan dengan ejaan bahasa Indonesia menjadi hipotesa, dan berkembang menjadi hipotesis.
11.  Observasi berasal dari bahasa latin yang berarti ‘melihat”dan “memperhatikan”. Istilah Observasi diarahkan pada kegiatan memperhatikan secara akurat. Observasi menjadi bagian dalam konteks laboratorium maupun konteks alamiah. Jadi observasi adalah pengamatan bertujuan untuk mendapatkan data tentang suatu masalah sehingga diperoleh pemahaman pengamatan langsung suatu kegiatan yang sedang dilakukan.
Melalui observasi penganalisis dapat memperoleh pandanganpandangan mengenai apa yang sebenarnya dilakukan, melihat langsung keterkaitan diantara para pembuat keputusan di dalam organisasi, memahami pengaruh latar belakang fisik terhadap para pembuat keputusan, menafsirkan pesan-pesan yang dikirim oleh pembuat
keputusan lewat tata letak kantor, serta memahami pengaruh para pembuat keputusan terhadap pembuat keputusan lainnya.
12.  Empiris adalah berdasarkan pengalaman (terutama yg diperoleh dr penemuan, percobaan, pengamatan yg telah dilakukan).
13.  Interprestasi adalah 1. pemberian kesan, pendapat, atau pandangan teoretis thd sesuatu; tafsiran; 
meng·in·ter·pre·ta·si·kan v menafsirkan; 
peng·in·ter·pre·ta·si·an n proses, cara, perbuatan meng-interpretasikan; 
peng·in·ter·pre·ta·si n orang yg menginterpretasikan
14.  Gaya adalah kesanggupan untuk berbuat dsb; kekuatan: dia terbanting krn kalah -- dr lawannya; 2 kuat: negara yg -- dan jaya; 3 Fis a dorongan atau tarikan yg akan menggerakkan benda bebas (tak terikat); b besaran yg mempunyai besar dan arah tertentu; c suatu interaksi yg bila bekerja sendiri menyebabkan perubahan keadaan gerak benda; d kakas;
15.  Energi adalah kemampuan untuk melakukan kerja (msl untuk energi listrik dan mekanika); daya (kekuatan) yg dapat digunakan untuk melakukan berbagai proses kegiatan, msl dapat merupakan bagian suatu bahan atau tidak terikat pd bahan (spt sinar matahari); tenaga; 
16.  Alam adalah 1 segala yg ada di langit dan di bumi (spt bumi, bintang, kekuatan): -- sekeliling;2 lingkungan kehidupan: -- akhirat; 3 segala sesuatu yg termasuk dl satu lingkungan (golongan dsb) dan dianggap sbg satu keutuhan: -- pikiran; -- tumbuh-tumbuhan; 4 segala daya (gaya, kekuatan, dsb) yg menyebabkan terjadinya dan seakan-akan mengatur segala sesuatu yg ada di dunia ini: hukum --; ilmu --; 5 yg bukan buatan manusia: karet --; 6 dunia: -- semesta; syah --; 7 kerajaan; daerah; negeri: -- Minangkabau; 
17.  Mitos adalah atau mite (myth) adalah cerita prosa rakyat yang ditokohi  oleh para dewa atau makhluk setengah dewa yang terjadi di dunia  lain (kahyangan) pada masa lampau dan dianggap benar-benar  terjadi oleh yang empunya cerita atau penganutnya. Mitos juga disebut Mitologi, yang kadang diartikan Mitologi adalah cerita rakyat yang dianggap benar-benar terjadi dan bertalian dengan terjadinya tempat, alam semesta, para dewa, adat istiadat, dan konsep dongeng suci. Jadi, mitos adalah cerita tentang asal-usul alam semesta, manusia, atau bangsa yang diungkapkan dengan cara-cara gaib dan mengandung arti yang dalam. Mitos juga mengisahkan  petualangan para dewa, kisah percintaan mereka, kisah perang mereka dan sebagainya.
18.  Mistis adalah bersifat mistik: ia tertarik untuk mempelajari hal-hal yg – hal-hal yang berhunungan dengan sesuatu yang diluar logika dan nalar manusia yang bersumber dari hal-hal ghaib contoh saja seperti seseorang bias tidak terluka ketika ditembak.
19.  Gaib adalah 1. 1 tidak kelihatan; tersembunyi; tidak nyata: para ilmuwan mencoba meneliti hal-hal yg -- di alam semesta ini; 2 hilang; lenyap: sekalian dewa-dewa itu pun -- lah; 3 tidak diketahui sebab-sebabnya (halnya dsb): banyak peristiwa -- yg belum diselidiki; 
20.  Iman adalah  kepercayaan (yg berkenaan dng agama); keyakinan dan kepercayaan kpd Allah, nabi, kitab, dsb: -- tidak akan bertentangan dng ilmu; 2 ketetapan hati; keteguhan batin; keseimbangan batin; 
21.  Agama adalah 3. ajaran, sistem yg mengatur tata keimanan (kepercayaan) dan peribadatan kpd Tuhan Yang Mahakuasa serta tata kaidah yg berhubungan dng pergaulan manusia dan manusia serta lingkungannya: -- Islam; -- Kristen; -- Buddha; 
-- samawi agama yg bersumberkan wahyu Tuhan, spt agama Islam dan Kristen; 
ber·a·ga·ma v 1 menganut (memeluk) agama: saya ~ Islam dan dia ~ Kristen; 2beribadat; taat kpd agama; baik hidupnya (menurut agama): ia datang dr keluarga yg ~; 3 cak sangat memuja-muja; gemar sekali pd; mementingkan: mereka ~ pd harta benda;
 
22.  Akidah agama: Kata “‘aqidah” diambil dari kata dasar “al-‘aqdu” yaitu ar-rabth(ikatan), al-Ibraam (pengesahan), al-ihkam(penguatan), at-tawatstsuq(menjadi kokoh, kuat), asy-syaddu biquwwah(pengikatan dengan kuat), at-tamaasuk(pengokohan) dan al-itsbaatu(penetapan). Di antaranya juga mempunyai arti al-yaqiin(keyakinan) dan al-jazmu(penetapan).
23.   Khaliq adalah pencipta (yakni Allah)
24.  Kosmos adalah jagat raya atau alam semesta.


[1] Moh.Nazir,ph. D. Metode Penelitian, Ghalia Indonesia, Jakarta: 2003, hal 151

Khanazah Gnostik

INJIL YUDAS & Khasanah Gnostik yang Menggemparkan

PENDAHULUAN


Ditengah-tengah ramainya kontroversi soal buku The Da Vinci Code sejak terbitnya di tahun 2003, dan di ketika buku itu diterjemahkan ke dalam bahasa Indonesia dan terbit pada medio tahun 2004 dan kemudian ramai lagi dengan dirilisnya film itu pada bulan Mei 2006, dunia diramaikan lagi dengan dilontarkannya isu Injil Yudas oleh National Geographic, maka tidak disangkal bahwa novel The Da Vinci Code telah berhasil mendongkrak perhatian orang pada Injil-Injil Gnostik.

Injil Yudas mulai dikenal khalayak ramai ketika situs web National Geographic memuat liputan panjang soal Injil Yudas. Liputan mana juga difilmkan dan diputar melalui media TV, dan kemudian pada bulan berikutnya dimuat dalam versi cetak dan menjadi cover story majalah National Geographic - May 2006 dan versi laporan Indonesianya dimuat dalam edisi National Geographic - Juni 2006. Akhirnya Injil Yudas diterjemahkan ke dalam bahasa Inggeris (April 2006) dan terjemahan bahasa Indonesianya diterbitkan oleh Gramedia dan dirilis pada tanggal 29 Juni 2006 bersama dengan buku ‘The Lost Gospel’ (Injil yang Terhilang) yang bercerita sekitar Injil Yudas.

Sekalipun isi Injil Yudas cukup kontroversial, kepopulerannya kalah oleh promosi buku novel The Da Vinci Code yang sudah lebih dahulu populer dan yang filmnya dirilis bersamaan dengan dirilisnya berita tentang Injil Yudas, sehingga Injil ini tidak mendapat sambutan sehebat The Da Vinci Code. Namun dengan terbitnya terjemahannya ke dalam bahasa Indonesia, tidak dapat dihindari buku ‘Injil’ ini akan menimbulkan pertanyaan juga ditujukan kepada umat Kristen. Dalam hal inilah gereja yang sadar akan tanggung jawabnya dalam membina umatnya dituntut untuk memberi pengertian kepada jemaatnya agar mampu memberi jawab kepada mereka yang tertarik isi buku Injil Yudas.


DARI NAG HAMADI KE EL-MINYA


Khasanah Gnostik adalah kumpulan tulisan yang dijilid (kodeks) dalam bahasa koptik yang ditemukan di Mesir di perpustakaan Chenoboskion yang lebih dikenal di lokasi Nag Hamadi di tepi sungai Nil di Mesir. Penemuan itu terjadi pada tahun 1945 dan kemudian baru pada tahun 1957 dikenal luas setelah diterjemahkan ke dalam bahasa Inggeris. Perpustakaan itu berasal dari abad-3-4M dan berisi tulisan-tulisan berfaham Gnostik, sedangkan kita mengetahui bahwa faham Gnostik baru berkembang sekitar abad-2-3M di sekitar Palestina.

Dalam khasanah Gnostik di Nag Hamadi terkumpul sebanyak 13 kodeks papirus yang dijilid dengan sampul kulit (perkamen) dan seluruhnya terdiri dari 52 traktat Gnostik, termasuk 3 karya Corpus Hermeticum dan terjemahan karya Plato ‘Republik.’ Setelah melalui berbagai tangan di pasar gelap barang antik, sebagian besar khasanah Gnostik itu akhirnya terkumpul dan disimpan di Museum Koptik di Kairo, Mesir.

Dari khasanah Gnostik itu, 5 diantaranya disebut Injil, yang memuat percakapan-percakapan tentang Yesus yaitu Injil Thomas, Injil Filipus, Injil Maria, Injil Mesir, dan Injil Kebenaran. Dari kelima Injil itu, Injil Thomas-lah yang paling terkenal karena ditemukan dalam naskah lengkap, dan Injil inilah yang paling diminati para penganut Jesus Seminar dan dianggap sebagai Injil Kelima.

Injil Gnostik lainnya yang ditemukan kemudian di El-Minya, kira-kira 300 KM disebelah utara Nag Hamadi, pada tahun 1970-an adalah Injil Yudas.

Injil-Injil ini tidak ada satu pun yang sesuai dengan Injil Perjanjian Baru dari abad-1M. Ciri khas dari Injil gnostik adalah percakapan antara Yesus ilahi yang bangkit dengan murid-murid-Nya dimana ajaran gnostik diajarkan di dalamnya.



FAHAM GNOSTIK


Khasanah atau pustaka Gnostik dimiliki komunitas Gnostik di Mesir waktu itu yang mungkin karena adanya tentangan karya-karya tulis mereka disembunyikan. Ajaran Gnostik adalah ajaran mistik esoterik yang kemudian dipercayai secara sinkretis dengan kekristenan oleh para pengikutnya. Gnostik berasal dari bahasa yunani ‘Gnosis’ yang artinya ‘pengetahuan rahasia’ yang diungkapkan kepada manusia. Aliran gnostik menawarkan pengetahuan rahasia mengenai realita ilahi. Percikan atau benih ilahi yang baik itu jatuh dari realitas yang transenden ke dua materi yang jahat, dan terpenjara dalam tubuh manusia. Dibangunkan oleh pengetahuan rahasia, percikan api ilahi itu dapat kembali ke dunia dimana dia sebenarnya berasal yaitu dunia spiritual yang transenden.

Bagi para pengikut gnostik, ada sumber kebaikan tertinggi yang disebut pikiran Ilahi yang esa yang berada dialam spiritual diluar alam materi ini yang pada dasarnya baik. Pikiran ilahi yang lebih rendah dipancarkan keluar dari sumber itu secara bertingkat. Yang terakhir dari seri pancaran itu adalah ‘Sophia’ (hikmat) yang mengandung keinginan untuk mengetahui sumber kebaikan yang tidak diketahui itu. Keinginan ini menghasilkan bayangan ilahi yang cacat dan jahat atau ‘Demiurge’ yang diyakini sebagai yang menciptakan alam semesta. Percikan ilahi yang mendiami manusia jatuh ke alam materi untuk membebaskan kemanusiaan. Orang-orang Gnostik menganggap demiurge sebagai Allah Perjanjian Lama yang menciptakan langit dan bumi untuk memelihara kemanusiaan dari keinginan mereka kembali kepada sumbernya.

Graham Stanton, ahli Perjanjian Baru Inggeris merumuskan keyakinan Gnostik Kristen secara sederhana sebagai:
“dunia adalah tempat yang jahat diciptakan oleh Tuhan yang jahat (Yahweh), dan yang berbalikan dari Tuhan yang benar dan Esa. Pengikut Gnostik kristen menganggap diri mereka sebagai keturunan Tuhan yang esa itu, dan sebagai percikan ilahi yang terkurung dalam dunia yang jahat ini. Kristus dikirim untuk mengingatkan pengikut Gnostik mengenai hakekat diri mereka yang sebenarnya. Kristus memberitakan rahasia (gnosis) pada para pengikut Gnostik agar mereka dapat melepaskan diri dari dunia yang jahat ini dan kembali kepada Tuhan yang benar.” (Gospel Truth? hlm.87).


Manusia sebagai keturunan Ilahi yang esa itu memiliki percikan kekuatan Ilahi itu, namun ia terkurung dalam penjara tubuh materi. Berbeda dengan kepercayaan Kristen, gnostik mengajarkan bahwa setiap orang bisa berhubungan dengan pikiran Ilahi itu dan keselamatan terletak dalam membangunkan percikan api Ilahi itu dan kembali menyatu kedalam pikiran Ilahi (pandangan mistik/kebatinan). Untuk mencapainya dibutuhkan seorang pembimbing rohani yang dikalangan gnostik-kristen disebut Kristus.

Bagi Gnostik, Kristus mengajarkan ucapan-ucapan rahasia sehingga mereka yang mengerti bisa mencapai ke’Ilahi’annya sama seperti Kristus. Bagi mereka, Kristus, roh Yesus yang ilahi mendiami tubuh manusia Yesus, dan Yesus yang ilahi tidak mati disalib tetapi dinaikkan ke realita ilahi dimana Ia semula berasal. Karena itu pengikut Gnostik menolak penderitaan dan kematian Yesus yang menebus manusia dan kebangkitan tubuh.

Kristen Gnostik

Gnostik Kristen

            Sebagai seorang pendeta dan berlisensi Allah, saya menemukan bahwa Kekristenan ortodoks modern tidak memiliki apapun spiritualitas yang saya butuhkan dalam hidup saya. Selain itu, saya merasa bahwa periode reformasi dimana bermunculan gerakan Protestan adalah kosong dari ajaran-ajaran asli tiba sekitar lima belas ratus tahun setelah fakta. Saya merasa bahwa Gereja Kristen ortodoks asli membungkuk tekanan dari Kaisar Konstantin, doktrin Injil menolak dan tidak mendukung pandangan ortodoks tentang Yesus.

            Aku berbalik pencarian saya untuk ajaran sekte Gnostik yang bertanding dengan sekte ortodoks selama tiga ratus tahun ke depan. Gnostik Kristen terpenuhi kekosongan saya menemukan dalam iman ortodoks. Meskipun demikian, kekristenan Gnostik telah menjadi duri dalam sisi Kristen ortodoks selama dua ribu tahun terakhir. Hari ini bagian dari pengetahuan yang hilang telah muncul di tempat yang paling tidak mungkin.

            Munculnya dari novel laris Dan Brown itu, Da Vinci Codes telah terjual lebih dari 140 juta kopi sejauh ini, telah ditiup tutup yang lama sekolah menindas teologi Kristen ortodoks. Brown menyajikan gagasan bahwa terdapat hampir 100 Injil, bukan hanya empat buku dari Mathew, Markus, Lukas, dan Yohanes, yang terkejut dan mengejutkan banyak orang.

            Injil Gnostik telah ditekan selama berabad-abad, tetapi ketika Dan Brown Da Vinci Code memukul daftar penjual terbaik, orang mulai bertanya-tanya tentang pria bernama Yesus. Novel Brown berfokus pada kesimpulan diartikulasikan dalam Holy Blood, Holy Grail oleh Michael Baigent, Richard Leigh, dan Henry Lincoln, yang merupakan nama samaran Henry Soskin.

            Kesimpulan mereka adalah bahwa Yesus menikah dengan Maria Magdalena dan seorang anak. Mereka juga menyimpulkan bahwa ada sebuah masyarakat rahasia yang dikenal sebagai Biarawan Sion (PS) dating kembali ke Perang Salib Pertama dan pembentukan Ksatria Templar sebagai front militer dan keuangan. Biarawan Sion melindungi pengadu kerajaan dari dinasti Merovingian, karena mereka mungkin keturunan harfiah dari Yesus dan istrinya, Maria Magdalena.

            Selain itu, Holy Blood, Holy Grail mengusulkan bahwa Gereja Katolik Roma mencoba untuk membunuh semua sisa-sisa dinasti ini dan wali mereka, kaum Kathar dan Templar, selama hari-hari gelap Inkuisisi, dalam rangka untuk mempertahankan kekuasaan melalui apostolik suksesi Petrus bukan suksesi keturunan Maria Magdalena. Maria Magdalena adalah keturunan dari Raja Daud dan Imam Harun, dengan demikian, laki-laki semua bisa mengklaim untuk kedua tahta dan jabatan imam tinggi Yerusalem.

            Gnostik adalah sisi lain dari orang-orang Kristen ortodoks. Para pemenang selalu menulis ulang sejarah untuk mencocokkan versi mereka kejadian. Hal yang sama terjadi ketika sekte ortodoks mendominasi sekte Gnostik. Menulis ulang sejarah mudah, sesuatu yang Kaisar Konstantin menentang uskup menolak dari Dewan Nicea pada tahun 325.

            Tulisan-tulisan Gnostik disarankan kehilangan pengetahuan tentang Yesus yang tidak termasuk dalam pembentukan apa yang kita sebut Perjanjian Baru hari ini. Tulisan-tulisan ini menyarankan sisi manusia Yesus dan wahyu yang tidak dapat diterima setelah Yesus diangkat ke akhirnya tingkat Tuhan di AD 325.

            Versi Alkitab Gnostik disajikan sisi yang sama sekali berbeda dengan ajaran Yesus yang mencakup kebijakan Gereja Ortodoks awal pertumpahan darah, korupsi, dan genosida semua account Injil Yesus lainnya tidak disetujui oleh mereka. Dalam hampir 100 Injil, rekening terlalu banyak menunjukkan Yesus hanya seorang manusia yang melanggar sikap menerima dari Gereja Ortodoks.

            Perdebatan meletus di showdown tiga abad kemudian, ketika uskup bertemu atas undangan Kaisar Konstantin, yang memberikan mereka tempat tinggal dan makanan. Ini adalah pertama Dewan Nicea dimana uskup diberitahu oleh Kaisar apa yang ajarannya diterima dan yang tidak.

            Sejarah mencatat Kaisar Konstantin sebagai orang yang menyatukan Gereja Kristen. Namun, penyatuan ini memiliki harga. Kaisar Konstantin memerintahkan setiap tulisan dalam perselisihan dengan pandangan resmi hancur. Api unggun besar menyalakan langit malam, seperti gulungan Gnostik ditetapkan terbakar, seperti Nazi upaya untuk membasmi orang Yahudi di Jerman. Konstantin proses penyatuan berarti kematian bagi semua bahwa apa pun disajikan bertentangan dengan posisi resmi dari Gereja Ortodoks.

            Sebelum Konsili Nicea pada tahun 325, struktur dari sekte Kristen ortodoks tidak memiliki doktrin formal dan tidak ada bangunan gereja secara fisik. Mereka bersaing sekte-sekte di antara semua kelompok Kristen lainnya. Mereka mengambil nama mereka dari Kaisar Konstantinus, Gereja Katolik Roma, yang berarti universal Kristen Romawi. Sebagai imbalan untuk mendukung pandangan ortodoks, Kaisar Konstantinus memberi mereka membangun gereja pertama mereka setahun kemudian.

            Basilika Konstantin diduga dibangun di atas situs makam Santo Petrus, pada awalnya dibangun. Dengan kata lain, hampir tiga ratus tahun setelah pelayanan Yesus sebelum gedung gereja resmi didirikan, satu tahun setelah Konsili Nicea dan di Roma, di bawah bayang-bayang Kaisar Konstantin. Namun Kaisar Konstantin tidak benar-benar meninggalkan agama Mesir itu? Hari ini di Vatikan ada icon Mesir banyak tertanam dalam arsitektur bangunan Gereja yang ortodoks.

            Hari ini kami memiliki lebih dari 2.300 sekte Kristen dan kembali pada abad pertama, ada sekte Kristen yang dimulai oleh para pengikut Rasul awal. Tidak ada konsensus pengajaran oleh para Rasul; masing-masing memiliki kotak sabun dan ajaran mereka sendiri.

            Gerakan Kristen retak memiliki doktrin yang bertentangan banyak dipraktekkan oleh banyak sekte Kristen yang berbeda. Setelah abad pertama kekristenan, dua divisi utama dikembangkan - Ortodoks dan Gnostik. Ini tidak berarti bahwa sekte-sekte Kristen lainnya tidak ada, melainkan bahwa mereka diterjemahkan ke wilayah mereka, seperti Kristen Koptik di Mesir. Orang-orang Kristen ortodoks diadakan untuk dua puluh tujuh buku kita sekarang memiliki dalam Perjanjian Baru Protestan atau dua puluh delapan buku dalam Gereja Katolik Roma dan teologi ortodoks dipertimbangkan.

            Orang-orang Kristen Gnostik diadakan pandangan yang jelas berbeda dari Perjanjian Baru, Yesus Kristus, dan keselamatan. Mereka memiliki tulisan-tulisan dari Thomas Rasul bahwa orang Kristen ortodoks berusaha untuk memfitnah dengan mengacu kepadanya sebagai Thomas Meragukan. Dari semua indikasi Yohanes Rasul, yang tulisan-tulisannya menunjukkan ego-nya, memiliki konflik kepribadian dengan Thomas Rasul, sebagai John adalah penulis hanya dalam empat Injil untuk melemparkan negatif apapun ke Thomas.

            Selama tiga abad pertama, perdebatan mengamuk terhadap sifat ilahi atau ketuhanan Yesus. Ya, bayangkan bahwa selama tiga ratus tahun, sekte-sekte Kristen tidak yakin bahwa Yesus adalah Anak Allah. Perdebatan sengit antara Yesus menjadi pria ayat Yesus Anak Allah karena keputusan mempengaruhi hasil Gereja ortodoks, jika Yesus hanya manusia maka ajaran Kebangkitan dari kubur tidak terjadi dan Gereja ortodoks tidak memiliki kekuatan untuk menyimpan atau sialan keselamatan seseorang.

            Beberapa uskup Kristen ortodoks mengajarkan bahwa Yesus bukan Tuhan, tapi nabi. Tidak sampai Dewan Nicea pada tahun 325 bahwa Gereja memilih Yesus sebagai Tuhan, Anak Allah, atas permintaan Kaisar Romawi Konstantin yang masuk di AD 323. Kaisar Konstantin diperlukan bahwa Yesus sama dengan Tuhan sendiri, Sol. Bahkan setelah Dewan memilih untuk membuat Yesus ilahi, beberapa uskup menolak untuk menerima keputusan dan terus mengajarkan bahwa Yesus bukan Tuhan, tapi seorang pria yang tercerahkan.

            Selama saat Purging Kaisar Konstantin Kristen "bersatu" dengan menghancurkan semua gulungan Gnostik, para bhikkhu disekresikan tulisan Gnostik mereka jauh dalam stoples yang tersembunyi di gua-gua, berusaha untuk melestarikan firman Allah. Gulungan ini tersembunyi menjadi Perpustakaan Nag Hammadi. Nag Hammadi gulungan berisi gulungan yang menunjukkan Yesus yang berbeda dari versi modern menurut Thomas Rasul. T

            Perpustakaan Nag Hammadi ia mengandung ajaran-ajaran Kristen Koptik yang kita sebut Gnostik hari ini. Dalam gulungan, Yesus mengajarkan bahwa Anda menemukan Tuhan dalam diri anda, bukan melalui sumber eksternal, seperti gereja. Pandangan Gnostik adalah bahwa Allah ada di dalam setiap orang dan segala sesuatu, bahwa alam dan alam semesta adalah perwujudan Allah dan bertentangan dengan ajaran Kristen yang ortodoks bahwa manusia duniawi adalah musuh Allah. Ajaran Gnostik ini selaras dengan banyak pandangan spiritual asli Amerika.

            Ketika Anda menerima ajaran-ajarannya dan kesadaran bahwa Tuhan ada dalam setiap orang maka ini adalah yang kedua datang. Kedatangan kedua bukanlah peristiwa fisik, tetapi pencerahan spiritual. Mencari dalam diri sendiri adalah jalan langsung mengalami Ilahi dan jalan menuju keselamatan. Ajaran ini berada dalam konflik langsung dengan Dewan Nicea karena tidak akan ada kebutuhan uskup atau Gereja untuk menemukan keselamatan dan karena itu, Gereja tidak mengendalikan siapa yang diselamatkan dan siapa yang terkutuk dan dengan demikian kekuasaan dan kerajaan keuangan akan lenyap.

            Sekarang perhatikan ajaran inti dari Brown Da Vinci Code, pernikahan Yesus kepada Maria Magdalena dan anak-anak yang lahir dari pernikahan yang seperti yang disarankan oleh Injil Phillip. Orang-orang Kristen Gnostik mengajarkan bahwa Yesus adalah seorang pria, yang memiliki kebutuhan manusia dan kebutuhan-kebutuhan tersebut menjadi dinyatakan dalam hubungan manusia ditolak oleh orang Kristen ortodoks.

            Kristen Gnostik tiba-tiba melompat ke pusat perhatian dengan Da Vinci Code sebagai pandangan baru disarankan untuk teks Gnostik dan bagaimana kita melihat tradisi-tradisi dari Gereja Kristen awal ortodoks, yang terbukti hanya perbuatan manusia memposisikan diri untuk kekuasaan dan uang.

            Apakah Perpustakaan Nag Hammadi adalah Buku Hilang dari Alkitab, kami datang lingkaran penuh. Hari ini, kita sekarang memiliki kesadaran bahwa gulungan Gnostik adalah bagian dari Injil yang dibuang oleh Konsili Nicea karena konflik doktrinal diungkapkan oleh para uskup yang penataan Gereja dan masa depan mereka.

            Kristen ortodoks telah mainstream hari ini tidak tahu tentang sejarah awal agama Kristen, mereka mengandalkan tradisi iman mereka, namun mereka mempertanyakan apa-apa, karena mereka diajarkan untuk tidak pernah mempertanyakan Gereja. Dan Brown Da Vinci Kode mengubah cara orang berpikir, hari ini, Injil Gnostik sekali lagi sedang membaca dan mempertanyakan, sesuatu yang belum pernah dilakukan sejak 325 Masehi.

            Kristen Gnostik tidak menerima Yesus sebagai Juruselamat, tetapi sebagai nabi tercerahkan. Kristen Gnostik percaya bahwa setiap orang dapat menemukan Tuhan dan keselamatan-nya sendiri dalam diri mereka. Jalan untuk keselamatan mereka bersifat pribadi. Kristen Gnostik tidak percaya dalam organisasi formal atau bangunan. Allah tidak ditemukan dalam empat dinding dan atap, tetapi di dalam hati setiap orang yang mencari pencerahan. Yesus tidak memiliki gereja dengan empat dinding dan atap. Ia tidak pernah meminta uang atau posisi kekuasaan. Dia hanya meminta setiap orang untuk melihat ke dalam diri mereka sendiri dan menemukan bahwa mereka masing-masing dan setiap orang adalah anak Allah.

Keluarga Yesus Tomb: Fakta atau Fiksi...???

Tulang Yesus Ditemukan?

Apakah makam Yesus Kristus telah ditemukan di pinggiran Yerusalem Talpiot?

Dalam sebuah dokumenter TV Discovery Channel 2007, produser James Cameron (Titanic) dan sutradara Yahudi, Simcha Jacobovici, mencoba membuktikan bahwa gua penguburan Yesus dan tulang ditemukan di dekat Yerusalem. Cameron dan Jacobovici lanjut mengutip bukti bahwa Yesus menjadi bapak anak dengan Maria Magdalena.

Jika makam Yesus Kristus benar-benar telah ditemukan, maka semua sejarah Kristen telah didasarkan pada klaim palsu bahwa Yesus secara fisik --- bangkit dari kematian, terlihat hidup oleh lebih dari 500 pengikut sekaligus, menghabiskan 40 hari mengajar murid-muridnya, dan kemudian naik ke surga. Tapi sebelum kita terjebak dalam konspirasi lain jenis Da Vinci, mari kita lihat fakta di balik klaim Cameron.

Fakta Diklaim:

1. Pada tahun 1980 sepuluh kotak tulang kapur (ossuary) tanggal pada abad pertama, ditemukan di sebuah makam digali di pinggiran Yerusalem Talpiot.

2. Enam prasasti ditemukan dengan nama yang mirip atau sama dengan beberapa keluarga Yesus Kristus dan murid-murid:

Yesua, anak Yusuf,
Maria
Mariamene e Mara
Mathew
Jofa
Yehuda, anak Yesua.
3. Cameron mencoba untuk membuktikan bahwa Mariamene e Mara adalah Maria Magdalena, dan bahwa dia dan Yesus mempunyai anak bernama "Yudah anak Yesua".

4. Analisis DNA mengidentifikasi bahwa jaringan dari osuarium Jesua Mariamene e Mara dan tidak terkait, meningkatkan kemungkinan mereka mungkin telah menikah dan punya anak.

Memeriksa Bukti

Jadi, apa kemungkinan bahwa ini adalah makam Yesus? Menurut Cameron dan Jacobovici untuk, ketidakmungkinan statistik nama-nama ini milik keluarga lain daripada Yesus Kristus adalah 600 ke 1. Namun, tantangan sarjana banyak asumsi dalam penafsiran mereka tentang fakta-fakta. Mari kita lihat:

1. Memang benar bahwa osuarium-osuarium ini ditemukan di sebuah makam kuno.Namun, ribuan makam yang serupa telah ditemukan di Yerusalem. Dan osuarium sering digunakan untuk tulang lebih dari satu individu. Bahkan, menurut Dr Craig Evans, PhD, penulis Yesus dan osuarium, makam membawa tulang-tulang dari sekitar 35 individu yang berbeda, dan sekitar separuh dari osuarium-osuarium ini. Evans juga mencatat bahwa ada kontaminasi yang cukup dari situs.

2. Cameron dan Jacobovici Apakah benar tentang nama-nama mereka menyatakan berada di osuarium? Tidak menurut banyak ahli. Beberapa ditulis dalam bahasa Aram, yang lain dalam bahasa Ibrani, dan satu lagi di Yunani. Ini menunjukkan mereka tidak dikuburkan dalam sebuah periode waktu yang sama. Bahkan tidak jelas bahwa "Yesus" adalah nama pada salah satu osuarium. Pemeriksaan pribadi Dr Evans dari osuarium itu tidak meyakinkan. Stephen Pfann, seorang sarjana Alkitab di Universitas Tanah Suci di Yerusalem, juga yakin bahwa nama "Yesus" pada peti mati itu dibaca dengan benar. Dia pikir itu lebih mungkin nama "Hanun." Script Semit kuno ini sangat sulit untuk menguraikan.

Selain itu, perlu dicatat bahwa nama-nama Yesus, Maria, dan Yusuf sangat umum pada abad pertama. Sekitar 25% dari wanita pada zaman Yesus yang bernama Maria. Yusuf juga merupakan nama umum. Dan sekitar satu dari sepuluh memiliki nama, "Yesua". Dr Evans menunjukkan bahwa sekitar 100 makam telah ditemukan di Yerusalem dengan nama "Yesus" dan 200 dengan nama Nama "Maria" adalah pada jauh lebih "Yusuf.".

"Setiap nama dengan pengecualian Mariamene tampaknya umum untuk periode mereka, dan itu hanya pada tahun 1996 bahwa BBC membuat film yang menunjukkan bahwa, mengingat kombinasi, mungkin keluarga itu. Idenya akhirnya diskon, bagaimanapun, karena, seperti Ahli Perjanjian Baru menegaskan Richard Bauckham 'nama-nama dengan resonansi Alkitabiah begitu umum bahwa bahkan ketika Anda menjalankan probabilitas pada kelompok, kemungkinan itu menjadi terkenal Yesus' keluarga adalah "sangat rendah."

3. Dukungan statistik untuk seluruh teori "makam Yesus" naik atau jatuh pada pertanyaan tentang Maria Magdalena. Begitu pula nama Mariamene e Mara berarti Maria Magdalena, Cameron dan Jacobovici sebagai upaya untuk membuktikan? Tidak menurut sebagian besar ahli. Interpretasi mereka hanya tidak didukung oleh bukti. Bauckham catatan, "Penggunaan pertama dari 'Mariamene' untuk Magdalena tanggal untuk seorang sarjana yang lahir di 185, menunjukkan bahwa Magdalena tidak akan disebut bahwa pada kematiannya. "

Jadi, meskipun Cameron dan Jacobovici mempekerjakan seorang ahli statistik, Andrey Feuerverger, untuk mendukung kasus mereka, angka itu didasarkan pada asumsi-asumsi dibantah oleh mayoritas ulama. Bahkan, Feuerverger sendiri mengakui bahwa asumsi diberikan kepadanya oleh Jacobovici, dan bahwa faktor terbesar dalam 600-1 nya peluang adalah identitas Mariamene e Mara yang Maria dari Magdalena. Feuerverger membela perannya dalam sebuah wawancara dengan Scientific American, "Aku mengizinkan nomor satu di 600 untuk digunakan dalam film aku minta siap untuk berdiri di belakang itu, tetapi pada pemahaman bahwa angka-angka tersebut dihitung berdasarkan asumsi bahwa saya diminta untuk digunakan. "

Namun analisis statistik Dr Randy Ingermanson dari probabilitas menunjukkan bahwa ada kurang dari satu kesempatan dalam 10.000 bahwa ini adalah makam Yesus dari Nazaret.

4. Tapi apa tentang tes DNA? Bukankah itu membuktikan bahwa Yesus ada di dalam kubur? Mari kita lihat lebih dekat pada apa yang diukur tes DNA. Butuh residu (tidak ada tulang untuk memeriksa) dari osuarium Jacobovici diidentifikasi sebagai milik kedua Yesua dan Mariamene, dan digunakan tes DNA mitokondria untuk melihat apakah mereka berhubungan. Hasil terbukti menjadi negatif, menunjukkan kepadanya bahwa dua individu yang tidak berhubungan maternal. Demikian ia menganggap kedua menikah.Tapi Bauckham tidak terkesan. Dia menulis, "Jika 'Yesus' dan 'Mariamene' tidak terkait matrilineally, mengapa melompat ke kesimpulan bahwa mereka adalah suami dan istri, bukannya terkait melalui ayah mereka? "

Ini adalah kenyataan bahwa nama-nama tertentu telah ditemukan di makam yang sama yang telah memicu spekulasi bahwa itu benar-benar bisa menjadi makam Yesus. Tetapi banyak sarjana Cameron dan Jacobovici percaya telah miring bukti untuk membangun sebuah kasus yang baru saja tidak ada. Selain itu, ada pertanyaan yang kontradiktif yang perlu dijawab sebelum seseorang melompat ke kesimpulan bahwa berabad-abad beasiswa menjungkirbalikkan sejarah.


Jika itu benar-benar Apakah Kuburan-Yesus '

1. Mengapa tidak Cameron dan Jacobovici menyebut ulama yang tidak setuju dengan kesimpulan mereka? Sebagai contoh, pada tahun 1996, ketika British Broadcasting Corp menayangkan sebuah film dokumenter singkat tentang subjek yang sama, arkeolog menantang klaim. Bahkan, sebagian besar arkeolog sengketa klaim mereka.

2. Karena kebiasaan itu untuk mengubur yang mati di kota asal mereka, mengapa Maria dan Yusuf makam keluarga di Jerusalem bukan dari Nazaret? Timur Tengah dan alkitabiah peneliti antropolog Joe Zias menyatakan, "Ini telah tidak ada hubungannya dengan Yesus, ia dikenal sebagai Yesus dari Nazaret, bukan Yesus dari Yerusalem, dan jika keluarga cukup kaya untuk membeli sebuah makam, yang mereka mungkin 'weren t, itu akan berada di Nazaret, tidak di sini di Yerusalem "Zias menolak klaim Cameron sebagai" jujur "..

3. Mengapa bukan musuh Yesus, para pemimpin Yahudi, mengekspos makam? Mereka menggeledah seluruh Yerusalem berhasil untuk setiap bukti tubuh Yesus, mengklaim bahwa murid-murid Yesus telah mencurinya. Mereka membenci Yesus cukup untuk ingin dia disalibkan, dan akan telah gembira untuk menemukan makamnya, jika itu memang ada.

4. Mengapa tidak orang-orang Romawi mengekspos prasasti sebagai milik Yesus?Tentara Romawi menguasai seluruh kota Yerusalem, dan mereka tahu tubuhnya telah hilang dari makam mereka telah menjaga.

5. Mengapa tidak sejarawan Romawi atau Yahudi kontemporer menulis tentang makam?Tidak seorang sejarawan kontemporer tunggal menyebutkan makam tersebut.

6. Mengapa Osuarium Yakobus, yang telah diberi label palsu, dikutip oleh Cameron dan Jacobovici sebagai salah satu alasan untuk validitas makam? CBS News koresponden Mark Philips laporan "pembentukan arkeologi telah berbaris untuk label klaim ini sebagai tempat tidur. Ini adalah kedua kalinya Discovery Channel telah terlibat dalam sengketa klaim tentang makam kuno, "laporan Phillips. Orang di tengah kasus sebelumnya kini menghadapi pengadilan atas pemalsuan "Ben Witherington, seorang pakar Kekristenan awal yang sangat terlibat dengan osuarium Yakobus, mengatakan" ada alasan fisik untuk percaya itu tidak mungkin berasal dari Talpiot itu. plot. "

7. Mengapa Jacobovici dan Cameron menunggu sampai sesaat sebelum Paskah untuk meluncurkan kedua buku dan dokumenter? Amos Kloner, arkeolog pertama untuk menguji situs, mengatakan, gagasan itu gagal untuk menahan dengan standar arkeologi tetapi membuat untuk televisi menguntungkan. "Mereka hanya ingin mendapatkan uang untuk itu," kata Kloner.

8. Mengapa murid-murid Yesus menanggung siksaan bagi mengklaim dia dibangkitkan, jika mereka tahu itu tipuan? Ahli Perjanjian Baru Darrell Bock bertanya, "mengapa keluarga Yesus atau pengikut mengubur tulang-tulang di plot keluarga dan kemudian berbalik dan memberitakan bahwa ia telah secara fisik dibangkitkan dari kematian?"

Persoalan Boleh Terjadi by Kristalon Sinaga

Masih ada jalan keluar