ddd

Jika Yesus Kristus adalah orang gila, stress berat, tidak mungkin ada pengikutnya. Jika Yesus Kristus seorang penipu tidak mungkin Dia mau disalib. Kesimpulannya adalah Yesus Kristus adalah Tuhan Allah yang datang ke dunia menjadi manusia

Senin, 09 Februari 2015

Bolehkah Merayakan Hari Valentine...???





Pendahuluan


Hari Valentine (bahasa Inggris: Valentine's Day) atau disebut juga Hari Kasih Sayang, pada tanggal 14 Februari adalah sebuah hari di mana para kekasih dan mereka yang sedang jatuh cinta menyatakan cintanya di Dunia Barat.. Valentine telah populer sejak Abad Pertengahan. Valentine tertulis mulai muncul setelah 1400. Koleksi kartu ucapan Hari Valentine memberikan sekilas ke dalam cara orang Amerika telah berbagi perasaan mereka cinta dan kasih sayang setiap 14 Februari dari 1840 sampai 1980.
Sejarah Valentine

St Valentine adalah seorang pemuda bernama Valentino yang kematiannya pada 14 Pebruari 269M karena eksekusi oleh Raja Romawi, Claudius II(265-270. Pada tanggal 14 Februari 270 M, St. Valentine dibunuh karena pertentangannya dengan penguasa Romawi pada waktu itu itu Raja Claudius II (268 - 270 M). Menurut Kaisar Claudius II menganggap tentara muda bujangan lebih kuat di dalam medan peperangan daripada orang yang menikah. Namun  Valentine menentang   Cladius sehingga memutuskan hukuman gantung bagi Santo Valentine. Eksekusi dilakukan pada tanggal 14 Februari 269 M. 


Mengapa harus merayakan Valentine..??

 Versi Pertama

Jika mengkaji lebih dalam mengapa Valentine di hukum mati karena menikahkan pemuda dimana  pemuda itu lebih kuat dan bersemangat untuk berperang. Ternyata tindakan St. Valentine yang mengadakan pernikahan ketahuan oleh Kaisar, sehingga sebagai hukumannya adalah hukuman mati.

Versi kedua

Ada seorang pemuda yang sedang menjalin asmara kepada seorang gadis. Seorang pemuda ini sangat jatuh cinta kepada kepada pemudi ini. Cintanya tidak diragukan lagi alias cinta mati. Namun pada waktu itu semua pemuda diwajibkan untuk berperang tidak boleh tidak. Kalau kedapatan pemuda tidak ikut berperang maka akan dihukum oleh Kaisar. Padahal seorang pemuda ini sudah menjalin hubungan kepada si wanita tadi, karena saking cintanya kepada si wanita ini, dia ingin menikahi si wanita itu sebelum berperang karena anggapan si pemuda ini manatau tidak bertemu lagi. Singkat cerita pemuda ini memohon kepada st Valentine untuk segera diberkati (dinikahkan di gereja). Secara diam2 atau rahasia St Valentine menikahkan pemuda ini. Eh ternyata pernikahan yang diadakan St. Valentine kedengaran ke Kaisar padahal Kaisar sudah memperingatkan bahwa pemuda tidak boleh menikah dulu karena pemuda lebih kuat dan bertenaga untuk berperang. Akhirnya St. Valentine dihukum mati karena menikah pemuda itu. 

Sebagai ungkapan rasa simpatik pemuda itu, dia tetap mengingat kebaikan St. Valentine, St. Valentine mati karena mempertahankan cinta pemuda itu. Jadi perayaan hari Valentine sebanarnya mengingatkan kita akan sebuah kekuatan cinta yang dalam.

 Jadi, tujuan merayakan St. Valentine sebenarnya bukan merayakan atau memperingati hari kematiannya aja. (St. Valentine), yang dianggap sebagai simbol ketabahan, keberanian dan kepasrahan dalam menghadapi resiko, maka para pengikutnya memperingati kematian St. Valentine sebagai 'upacara keagamaan sampai hari ini. Demikian sedikit tentang hari Valentine. Hari Valentine mengingatkan pemuda untuk mempertahankan cinta mereka kepada gadis yang mereka senangi sampai maut memisahkan.

Tidak ada komentar:

Masih ada jalan keluar