========================================================
======================================================= "Kristalon Sinaga adalah seorang hamba Tuhan yang rindu untuk terus menggali kebenaran Firman Allah".

Jumat, 11 Mei 2012

Kenapa begitu banyak Versi Alkitab?

Renungan

Shalom...!!!
Saudara/i yang terkasih di dalam nama Yesus Kristus. 

  Kenapa begitu banyak Versi Alkitab?

 Alasan mengapa banyak Versi Alkitab adalah supaya setiap suku dan bangsa mengetahui, mengerti bahwa Yesus Kristus adalah Tuhan dan juru selamat manusia, sebab Yesus Kristus mati dikayu salib untuk setiap orang yang mau percaya kepada-Nya tidak binasa ” Yohanes 3:16”.. Dimana kematian Yesus Kristus memperdamaikan kita  lewat pengorbanan
 tubuh-Nya terpecah dan darah-Nya tercurah bagi kita, dan ini adalah kabar baik atau kabar sukacita bagi semua bangsa di muka bumi, tanpa terkecuali.
 Alasan kedua adalah supaya secara mendetail tahu dan mengerti, dan mendalam tentang apa yang menjadi isi Alkitab itu, pada umumnya kepada orang-orang yang tidak berpendidikan, atau yang kurang pendidikannya di dalam bahasa.
Contoh : Kalau saya seorang Dosen atau pengajar bahasa Ibrani dan Yunani, dan ketepatan bahasa Alkitab aslinya ditulis dalam Versi Ibrani dan Yunani, apakah saya harus mengajarkannya kepada Mbah-mbah, atau kakek-kakek dengan bahasa Ibrani atau Yunani?, atau apakah saya harus memaksakan harus bisa baca bahasa Ibrani dan Yunani?. Tidak mungkinlah..., nah supaya mereka mengerti!, saya harus menerjemahkannya kepada bahasa mereka, dan apalagi kalau mereka juga cuma tau hanya satu bahasa, seperti yang di kampung-kampung!.  Maka dari Itulah sebabnya Alkitab banyak Versinya supaya kabar baik itu sampai kepada mereka.  Sehingga tidak ada alasan bagi mereka pada suatu saat nanti atau saat penghakiman, bahwa mereka tidak mendengar kabar baik.
Tuhan memberkati.





4 komentar:

  1. Mas mas...kalau Anda menjunjung tinggi kebenaran seharusnya Anda jg paham bahasa Aslinya. Kalau Anda Dosen seharusnya justru menyampaikan kebenaran jangan ada yg dikurang2i. Perihal menterjemahkan itu menambah pemahaman saja tapi tidak menjamin kebenaran. Air saja kalau sudah dituang berpindah-pindah gelas digelas yang terakhir pasti berkurang isinya apalagi ini perkataan rang plus pemahaman. Katanya dosen mestinya sampean paham yang beginian. Mas mas....wajahmu ganteng tapi jawabanmu ngawur. Baca kitab baik2 ya sebelum yg lain makin tersesat. @akuatheis

    BalasHapus
  2. Apa sih repotnya menyertakan bahasa aslinya supaya orang juga bisa belajar sendiri tanpa harus melalui pemahaman orang lain yang belum tentu benar memahaminya. Anda juga bisa terlepas dr tanggung jawab menyampaikan yg belum Anda pahami betul...Kan ada contohnya di Alkitab (Ulangan 10:4) "Dan pada loh itu Ia menuliskan, sama dengan tulisan yang mula-mula (sama tidak diubah), Kesepuluh Firman yang telah diucapkan TUHAN kepadamu di atas gunung dari tengah-tengah api pada hari kamu berkumpul; sesudah itu TUHAN memberikannya kepadaku"

    BalasHapus
  3. Kalau bukan FIRMAN TUHAN sih engga masalah, lha kalau itu Firman Tuhan masa tega sih di karang2 sama orang lain...

    BalasHapus
  4. BACA INI DEH ----> https://bible.org/seriespage/mengapa-begitu-banyak-versi

    BalasHapus