ddd

Jika Yesus Kristus adalah orang gila, stress berat, tidak mungkin ada pengikutnya. Jika Yesus Kristus seorang penipu tidak mungkin Dia mau disalib. Kesimpulannya adalah Yesus Kristus adalah Tuhan Allah yang datang ke dunia menjadi manusia

Kamis, 22 Desember 2011

Apakah Orang Kristen Menyembah Tiga Allah...???

Sabtu, 07 Mei 2011
Kristen tidak Menyembah tiga Allah.
Kamis, 11 November 2010

APAKAH ORANG KRISTEN MENYEMBAH TIGA ALLAH...???

Kata Pengantar

Pertanyaan Allah tritunggal seringkali ditanyakan oleh orang non Kristen. Didalam pertanyaan ini yang di sering diajukan adalah: Apakah benar orang Kristen menyembah tiga Allah?, seperti Allah Bapa, Allah Anak, Allah Roh Kudus!. Apakah benar Allah beranak?, Apakah Allah dilahirkan?.
Sebelum menjawab pertanyaan-pertanyaan di atas terlebih dahulu menjawab memahami penjelasan dibawah ini. Mungkin bagi yang anda membaca ini akan bertanya dalam hati: ”Mengapa dimulai dari Jatuhya manusia kedalam dosa??, kenapa tidak dari penciptaan?, bahwa Allah menciptakan langit dan Bumi?, disitu jela Allah sebagai pencipta, Roh Allah, Firman?. Bagi yang membaca akan menemukan sesuatu yang baru membuat anda benar-benar percaya kepada ketritunggalan Allah.
Untuk memberi jawab kepada orang yang belum memahami Allah tritunggal, haruslah mengerti penjelasan di bawah ini sehingga boleh membawa mereka untuk mengerti dan memahami secara detail mengapa dikatakan tritunggal.
Harapan penulis kepada pembaca agar tidak keliru tentang Allah tritunggal. Itulah sebabnya penulis berusaha menerangkan dengan kata-kata sederhana yang bisa di pahami para pembaca. Dan harapan penulis agar bisa menyembah Yesus sebagai Juru selamat yang sudah rela mengorbankan diri-Nya kepada manusia oleh karena dosa manusia.

UNTUK MENGERTI ALLAH TRITUNGGAL PERLU TAHU BAHWA MANUSIA PERNAH JATUH DALAM DOSA
Sebelum manusia jatuh di dalam dosa bahwa manusia bisa bertatap muka dan berkomunikasi langsung dengan Allah sebab Adam dan hawa masih suci dan kudus. Tetapi ketika Adam dan hawa jatuh didalam dosa maka Adam dan Hawa menerima hukuman dan akibat dosa:

1. Hukuman kepada Hawa
Hukuman kepada Hawa adalah: Kejadian 3:1: ”Susah payahmu waktu mengandung akan kubuat sangat banyak; dengan kesakitan engkau melahirkan anakmu; namun engkauakan berahi kepada suamimu dan ia akan berkuasa atasmu.”
2. Hukuman kepada Adam
Hukuman kepada Adam adalah: Kejadian 3:17-19: Lalu Firman-Nya kepada manusia itu: ”Karena engkau mendengarkan perkataan istrimu dan memakan dari buah pohon, yang telah Kuperintahkan kepadamu: Jangan makan dari padanya, maka terkutuklah tanah karena engkau; dengan bersusah payah engkau mencari rezekimu dari tanah seumur hidupmu: semak duri dan rumput duri yang akan dihasilkannya bagimu, dan tumbuh-tumbuhan di padang akan menjadi makananmu:; dengan berpeluh engkau akan mencari makananmu, sampai engkau diambil; sebab engkau debu dan engkau akan kembali menjadi debu.”. Itulah sebabnya sampai sekarang seorang Ibu harus sakit kalau melahirkan, dan kepada sang Bapa harus kerja keras didalam mencari nafkah. Dan tidak hanya ini manusia yang dulunya tidak merasa sakit, sekarang harus menerima akibat dosa itu menjadi sangat bersusah didalam mengerjakan pekerjaannya. Jadi karena hukuman ini maka hubungan Allah yang dulunya erat dengan manusia sekarang putus ” menjadi ada tembok pemisah antara Allah dengan manusia yaitu Dosa”.
3. Allah Mengusir Adam dan Hawa
Adanya kematian secara rohani; putus hubungan
4. Kematian Kekal
Adanya kematian kekal secara jasmani : Kejadian 3:19 = ” dengan berpeluh engkau akan mencari makananmu, sampai engkau debu dan engkau akan kembali menjadi debu.”

ADANYA TEMBOK PEMISAH ANTARA ALLAH DENGAN MANUSIA YAITU DOSA
Itulah sebabnya di katakan di dalam Keluaran 33:20 Lagi Firman-Nya: ” Engkau tidak tahan memandang wajah-Ku, sebab tidak ada orang yang memandang Aku dapat hidup.” Ini adalah bukti bahwa mausia tidak bisa lagi menghampiri Allah, sebab manusia sudah kotor karena dosa. Karena kemuliaan Allah yang sangat kudus dan suci manusia tidak bisa lagi seperti yang dahulu bertatap muka. Manusia tidak bisa lagi bertatap muka dengan Allah sebab sudah kehilangan kemuliaan Allah. Jadi manusia tidak dapat lagi melihat Allah secara langsung dengan mata jasmani, kecuali Allah mengambil rupa menjadi manusia.
Oleh sebab itu Allah memilih Nabi-Nya untuk menubuatkan kedatangan-Nya di dalam perjanjian Lama, karena Allah mau berdamai dengan manusia. Manusia mau menghampiri Allah harus dengan cara membawa persembahan korban bakaran: Imamat 1:1-2 Tuhan memanggil Musa dan berfirman kepadanya dari dalam kemah pertemuan: ”berbicaralah kepada mereka: Apabila seorang di antaramu hendak mempersembahkan persembahan kepada TUHAN, haruslah persembahanmu yang kamu persembahkan itu dari ternak, yakni dari lembu sapi atau dari kambing domba. Allah itu mau berdamai dengan manusia sekalipun sudah melanggar perintah-Nya, itulah sebabnya di dalam Perjanjian Lama Allah memakai dan mengutus Nabi-Nya, yang dimana arti nabi adalah ”penyambung lidah Allah” dan tugas Nabi adalah menyampaikan pesan-pesan dari Allah kepada umat-Nya seperti: Nabi Musa = Menerima hukum taurat dari Allah dan menyampaikannya kepada umat-Nya.
BUKTI BAHWA TUHAN ALLAH MASIH BERBELAS KASIHAN KEPADA MANUSIA SEKALPUN SUDAH PUTUS HUBUNGAN
Tuhan Allah masih mencari Adam dan Hawa ketika bersembunyi di antara pohon.(Kejadian 3:9-11). Tuhan Allah membuat pakaian dari kulit ”binatang” berarti Allah mengorbankan binatang yaitu domba untuk mereka (Kejadian 3:21) = ARTINYA sebagai lambang!atau gambaran bahwa untuk menghapus dosa ini haruslah ”DARAH TERCURAH yaitu Darah Anak Domba. Dan di lanjutkan kepada kisah Abraham ketika mau mempersembahkan Isak, yang dimana pada akhirnya Tuhan Allah sendiri yang menyediakan korban sembelihan itu, yaitu Domba yang tersangkut.. Ini adalah gambaran bahwa Allah sendiri menjadi korban penghapus dosa itu.
ALLAH MENUBUATKAN KEDATANGAN DAN KELAHIRANNYA MENJADI MANUSIA; YAITU YESUS KRISTUS
Nubuatan kitab Yesaya = Allah menubuatkan kedatangan-Nya sebagai ”Immanuel ” yang artinya Allah menyertai kita; Yesaya 7:14: ” Sebab itu Tuhan sendirilah yang akan memberikan kepadamu suatu pertanda: Sesungguhnya, seorang perempuan muda mengandung dan akan melahirkan seorang anak laki-laki, dan Ia akan menamakan Dia Immanuel. Ini adalah bukti bahwa Allah mau berdamai dengan manusia.
Nubuatan kitab Yeremia: Yeremia 23:5 = Sesungguhnya, waktunya akan datang, demikianlah Firman TUHAN, bahwa Aku akan menumbuhkan Tunas adil bagi Daud. Ia akan memerintah sebagai Raja yang bijaksana dan akan melakukan keadilan dan kebenaran di negeri ini.
Nubuatan kitab Mikha: Mikha 5:1 = Tetapi ENGKAU, HAI Betlehem Efrata,hai yang terkecil di antarakaum-kaum yehuda, dari padamu akan bangkit bagi-Ku seorang yang memerintah Israel, yang permulaannya sudah sejak purbakala, sejak dahulu kala.
NUBUATAN KEMATIAN YESUS KRISTUSv Menjual Yesus dengan tiga puluh keping perak (Zakharia 11:12-13)
Ejekanv sebelum Yesus disalib (Mazmur22:17-18)
Luka-luka yang diderita-Nya (Yesayav 55:5-7)
Tertikam karena pemberontakavn kita (Yeaya 53:5)
Membuang undiv jubah-Nya (Mazmur 22:19)
Sebuah tombak menembus lambung-Nya (Zakhariav 12:10)
Disalib diantara dua pencuri (Yesaya 53:9)v
Tidak satupunv tulang-Nya dipatahkan (Mazmur 34:21).

CARA ALLAH UNTUK MENYELAMATKAN MANUSIA; ALLAH MENGAMBIL RUPA MENJADI MANUSIA
CARA ALLAH UNTUK MENYELAMATKAN MANUSIA ALLAH HARUS MENGAMBIL RUPA MENJADI MANUSIA, MENGAPA?, KARENA MANUSIA SUDAH KEHILANGAN KEMULIAAN ALLAH ROMA 3:23 ” KARENA SEMUA ORANG TELAH BERBUAT DOSA DAN TELAH KEHILANGAN KEMULIAAN ALLAH. ITULAH SEBABNYA ALLAH HARUS MENGAMBIL RUPA MENJADI MANUSIA. MENGAPA HARUS BERINKARNASI ATAU MENGAMBIL WUJUD MANUSIA?, ALASAN KARENA MANUSIA KEHILANGAN KEMULIAAN ALLAH SEBAB MANUSIA SUDAH KOTOR DI HADAPAN ALLAH. SEANDAINYA ALLAH SENDIRI TIDAK MENGAMBIL RUPA MENJADI MANUSIA, DIA DATANG DENGAN KEKUDUSAN-NYA, MAKA MANUSIA AKAN MATI, SEBAB ALLAH ITU KUDUS (KELUARAN 30:20), MUSA TIDAK BISA MEMANDANG ALLAH SEBAB DILIPUTI KEKUDUSAN ALLAH. ITULAH SEBABNYA ALLAH HARUS MENGAMBIL RUPA MENJADI MANUSIA ITULAH NAMA-NYA YESUS KRISTUS YANG MENJADI PENYELAMAT SEPERTI NUBUATAN DALAM YESAYA 7:14 YAITU IMMANUEL, DAN MATIUS 1:21,23. KRISTUS DISEBUT ANAK ALLAH KARENA ALLAH SENDIRI SUDAH TURUN KEDUNIA UNTUK JADI MANUSIA.ALLAH MENGAMBIL RUPA MENJADI MANUSIA DENGAN CARA MEMAKAI KANDUNGAN MARIA, DIMANA MARIA ADALAH PEREMPUAN KUDUS YANG BENAR-BENAR BELUM PERNAH DI SENTUH LAKI-LAKI. ALLAH MAU MERENDAHKAN DIRI-NYA, MEININGGALKAN KEMULIAAN-NYA DISORGA, BAHKAN MAU MENGOSONGKAN DIRI-NYA.

BUKTI KUAT BAHWA YESUS ADALAH TUHAN DALAM PERJANJIAN LAMA
yesaya 9:5 = sebab seorang anak telah lahir untuk kita,Ø seorang putera telah diberikan untuk kita; lambang pemerintahan ada di atas bahunya, dan namanya disebutkan orang: penasihat ajaib, Allah yang perkasa, bapa yang kekal, raja damai. yesaya 35:4-6 = bahwa allah sendiri datangØ menyelamatkan, dan pada waktu itu mata orang-orang buta akan dicelikkan, dan telinga orang-orang tuli akan di buka. pada waktu itu orang lumpuh akan berjalan akan melompat seperti rusa, dan mulut orang bisu akan bersorai-sorai. dan penerapan ayat ini ditulis di lukas 7:22 dan yesus menjawab mereka : ” pergilah, dan katakanlah kepada yohanes apa yang kamu lihat dan kamu dengar: orang buta melihat, orang lumpuh berjalan, orang kusta menjadi tahir, orang tuli mendengar, orang mati dibangkitkan dan kepada orang miskindiberitakan kabar baik.
BUKTI KUAT BAHWA YESUS ADALAH ALLAH DALAM PERJANJIAN BARU
kolose 2:9 = sebab dalam dialah berdiam secara jasmaniahseluruhØ kepenuhan ke- Allahan. dan kolose 1:19 = karena seluruh kepenuhan Allah berkenan diam di dalam dia.
rasul paulus mengatakan Allah yang maha besar, danØ juruselamat kita Yyesus kristus (titus 2:13).
Allah adalah roh=yohanes 4:24 mengatakan ” Allah itu roh dan barangsiapa menyembah dia, harus menyembah-nya dalam roh dan kebenaran.”
Allah adalah yesus di dalam perjanjian lama
kejadian 17:1 = Akulah allah yang mahakuasa
keluaran 3:14 = Aku adalah Aku
mazmur 18:3;28;1= gunung batu
mazmur 23:1 = Allah adalah sebagai gembala
mazmur 24:7-10 = Allah adalah raja kemuliaan
mazmur 27:1 = terang dan keselamatan
mazmur 136:3 = Allah segala allah
yesaya 40: 11 = gembala
yesaya 12:6 = yang mahakudus, Allah israel
yesaya 41:4 dan 44 :6 = aku, Tuhan, yang terdahulu, dan bagi mereka yang terkemudian aku tetap dia juga.
yesaya 44:6 = raja penebus israel dan raja segala raja.
dapat disimpulkan bahwa allah itu adalah bapa sebab dia raja di atas segala-galanya.
YESUS ADALAH ALLAH DALAM PERJANJIAN BARUYohanes 1:3 = sbagai pencipta
Yohanes 8:58 = kata Yesus kepada mereka: aku berkata kepadamu, sesungguhnya sebelum abraham jadi, aku telah ada.
I korintus 10:4 = batu karang adalah yesus kristus
Wahyu 1:8 = alfa dan omega, yang ada dan yang sudah ada dan yang akan datang, yang maha kuasa.
Ibrani 113:20 = maka allah damai sejatera, yang oleh darah perjanjian yang kekal telah membawa kembali dari antara orang mati gembala agung segala domba, yaitu yesus, tuhan kita.


PERTANYAAN- PERTANYAAN TENTANG TRITUNGGAL

1.mengapa di dalam kejadian 1: 1-3, ada Allah menciptakan, roh Allah, berfirman Allah! dengan jelas ketiga ini menunjukkan ketritunggalan Allah?Jawab: allah itu adalah esa ; ulangan 6:4 tuhan itu allah kita, tuhan itu esa.
penejelasan kejadian 1:1-3 adalah:
Di surga Allah mempunyai tiga malaikat yaitu malaikat gabriel, malaikat mikael, malaikat lucifer. yang namanya malaikat luccifer adalah salah satu dari mereka pemimpin pujian di surga. pada waktu itu karena allah memakai lucifer sebagai pemimpin pujian maka timbul rasa kesombongan di hati lucifer, dia ingin menandingi allah: yesaya 14:13-14 : aku hendak naik ke langit, aku hendak mendirikan takhtaku mengatasi bintang-bintang Allah, dan aku hendak duduk di atas bukit pertemuan, jauh disebelah utara. aku hendak mengatasi ketinggian awan-awan, hendak menyamai yang maha tinggi. yesaya 45:18 sebab beginilah firman tuhan, yang menciptakan langit,- dialah Allah- yang membentuk bumi dan menjadikannya dan yang menegakkannya, dan yang menciptakannya bukan supaya kosong, tetapi ia membentuknya untuk didiami ’akulah tuhan tidak ada yang lain. Jadi Allah menciptakan dengan indah (pengkotbah 3:11), tetapi mengapa bumi belum berbentuk dan kosong, gelapgulita menutupi samudera raya, dan roh allah melayang-layang di atas permukaan air?, sebenarnya allah sudah menciptakannya supaya tidak kosong, tetapi ketika kejatuhan lucifer, maka bumi rusak, sehingga roh allah menggemgam bumi ini.
berbicara mengenai allah berfirman (firman = λόγOς ) yaitu allah sendiri

2. mengapa ada pemakaian kita di dalam kejadian pasal 1:28?
Jawab:jelas dalam pemakaian bahasa indonesia ”jamak adalah lebih dari satu”. arti kata ”kita” disini adalah menunjukkan kehormatan sebagai Allah yang mahamulia. contoh seorang yang terhormat selalu memakai kata ganti kita bukan saya atau aku. dan jelas dia sebagai allah yang terhormat yang tak pernah menyembongkan diri-nya.
3. siapakah allah itu?όJawab:
Allah itu adalah pencipta alam semesta yang menciptakan segala yang ada baik di bumi maupun disorga. allah itu kekal dan tidak terbatas, dan tidak pernah berubah.
5. siapakah bapa itu?
Jawab:Allah itu adalah bapa ” jikalau allah adalah bapamu, kamu akan mengasihi aku, sebab aku keluar dan datang dari Allah. penyebutan kata bapa sangat jelas dia yang berkuasa raja di atas segala raja.5. Siapakah anak(Yesus Kristus) itu?Jawab:Anak atau Yesus Kristus adalah Allah sendiri yang mengambil rupa menjadi manusia. dengan tujuan Allah supaya bisa bertemu dengan manusia, Allah harus merubah wujud-nya menjadi manusia sebab kalau Allah tidak mengambil rupa menjadi manusia dan mengosongkan diri-nya, maka manusia tidak tahan melihat allah dan bahkan mati karena kekudusan Allah. jadi allah harus mengambil rupa menjadi manusia demi misi keselamatan manusia.6. siapakah roh kudus.itu?Jawab:Untuk mengerti siapa Roh Kudus haruslah diperhatikan bahwa Allah itu adalah roh (yohanes2:24). roh kudus adalah roh Allah sendiri, yang dimana roh Allah ini selalu menuntun dan menghibur orang percaya. jadi kalau orang percaya sedang tersesat atau sedih, maka roh allah atau roh kudus menghibur, jadi tidak langsung Allah trus datang lalu memegang tangan kita, tetapi perlu di perhatikan bahwa Allah itu adalah Allah maha hadir dan di segala tempat dan tidak terbatas. dia menurunkan roh-nya seperti yang ada di bumi ini. roh Allah ini adalah roh-nya sendiri yang akan menuntun dan menghibur orang percaya. Jadi Allah itu tidak turun naik, sebab Dia yang mulia, yang Kudus tentu tinggal di Sorga, tidak tinggal di dunia, tetapi Roh-Nya menyertai orang yang percaya kepada-Nya.
7.Di dalam kitab suci: ulangan 6:4 Jawab:
”Dengarlah, hai orang israel: tuhan itu Allah kita, tuhan itu esa!”, dan juga di kitab lain: surat al ankabut 29: 46 ” dan janganlah kamu berdebat dengan ahli kitab, melainkan dengan cara yang paling baik, kecuali dengan orang-orang zalim di antara mereka, dan katakanlah: ”kami telah beriman kepada (kitab-kitab) yang di turunkan kepadamu: Tuhan kami dan Tuhanmu adalah satu: dan kami hanya kepada-nya berserah diri”.
9. Kenapa yesus berkata dalam markus 13:32 ”hanya bapa yang tahu!, ini bukti bahwa yesus bukan maha tahu?
Jawab:Mengapa yesus berkata tidak tahu tentang akhir zaman dan hanya bapa yang tahu?, karena yesus benar-benar mengosongkan diri-nya menjadi hamba atau manusia. Yesus benar-benar tidak tahu sebab dia mengosongkan diri-nya sebagai manusia.
10. Mengapa yesus mengutuk pohon ara karena tidak berbuah; matius 11:13 ” dan dari jauh ia melihat pohon ara yang sudah berdaun. ia mendekatinya untuk melihat kalau-kalau ia mendapat apa-apa pada pohon itu. tetapi waktu ia tiba disitu, ia tidak mendapat apa-apa selain-selain daun-daun saja, sebab bukan musim buah ara. yang menjadi pertanyaan apakah dia tidak tahu bahwa belum pada musimnya berbuah?
Jawab: Yesus tahu sebab tuhan yang maha tahu. di dalam hal ini ketika yesus sebagai manusia selalu memberi gambaran atau perumpamaan kepada manusia sehingga mengerti. maksud tuhan yesus mengutuk pohon ara itu adalah suatu gambaran menjadi murid yesus yang tidak mengenal musim untuk terus berbuah. jadi kasih itu terus berbuah tidak mengenal namanya musim. kasih orang percaya itu tidak mengenal namanya musim! dalam arti ketika senang lalu berbuat baik atau ketika susah tidak berbuat baik.
11. mengapa yesus bisa tidur, lelah, haus dan lapar?.Jawab:
Karena Allah atau Yesus 100% Allah dan 100% Manusia. jadi yang tidur atau lelah itu adalah kemanusiaan-Nya.

Kesimpulan
Allah tritunggal adalah Allah pencipta langit dan bumi yang mengambil rupa menjadi manusia serta yang mengosongkan diri-nya sebagai hamba untuk menyelamatkan manusia dari lumpur dosa. satu-satunya cara yang dipakai allah untuk menyelamatkan manusia dari dosa adalah dengan cara mengambil rupa menjadi manusia!, kenapa harus menjadi manusia sebab manusia sudah kehilangan kemuliaan allah. Jadi Allah harus memakai bahasa manusia, bukan bahasa-nya sendiri, sebab kalau langsung Allah berbicara kepada manusia maka manusia akan mati oleh karena kekudusan Allah. itulah sebabnya Allah harus menjadi manusia.
Allah pencipta adalah allah, dan allah adalah bapa, dan bapa adalah yang mengambil wujud manusia yaitu yesus kristus yang di sebut anak, dan roh kudus adalah roh Allah sendiri yang akan menuntun orang-orang percaya serta menjadi penghibur penolong, menginsafkan dunia akan dosa, ketika yesus Kristus naik kesorga. Jadi allah sendiri menurunkan roh-nya kepada dunia untuk selalu menghibur dan menuntun orang percaya serta melakukan segala kebenaran ”yohanes16:11. Jadi itulah sebabnya di katakan Allah tritunggal, tiga peranan tetapi satu pribadi. peranan pertama adalah sebagai pencipta, kedua adalah sebagai penyelamat, dan yang ketiga adalah sebagai penghibur dan penolong, penuntun. dan dalam hal ini mempunyai tugas sendiri-sendiri, tetapi yang pada hakikatnya adalah satu.

Tidak ada komentar:

Masih ada jalan keluar